..::DAPATKAN PROMO MOBIL MITSUBISHI MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » 5 Tips atau Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula

5 Tips atau Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula

Dipublish pada 31 Oktober 2019 | Dilihat sebanyak 283 kali | Kategori: Promo & Info

Bagi Anda yang baru belajar cara mengemudi mobil matic, baik bagi Anda yang sama sekali baru belajar mengendarai mobil maupun bagi Anda yang sudah terbiasa dengan mobil transmisi manual. Mengendarai mobil matic memiliki tantangan tersendiri. Pada dasarnya, ada perbedaan-perbedaan secara teknis pada mobil matic yang harus dipahami. Membaca tips mengendarai mobil matic ini akan sangat membantu Anda.

Mobil matic telah banyak digemari di kalangan masyarakat, khususnya di daerah perkotaan dengan tingkat lalu lintas yang padat yang tentunya akan membuat kaki Anda lebih terasa lelah, apalagi jika Anda menggunakan mobil manual. Tapi, kemudahan tersebut tidak membuat cara mengendarai mobil matic dapat sangat mudah untuk dipelajari atau dilakukan.
Tips Mengendarai (Mengemudi) Mobil Matic Bagi Pemula
1. Kenali dan Pahami Peralatan Kemudi pada Mobil Matic
Pelajari dan perhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi pada mobil matic. Sangat penting bagi Anda untuk menghafal sampai benar-benar menguasainya. Pelajari fungsi setiap simbol huruf pada tuas transmisi, agar tidak terjadi kesalahan saat Anda mengendarai mobil bertransmisi otomatis yang dapat merusak mesin mobil atau membahayakan keselamatan Anda.
Setiap simbol yang harus Anda hafalkan pada tuas transmisi mobil matic meliputi:
P (park)

Berfungsi untuk mengunci transmisi sepenuhnya dan digunakan saat mobil Anda diparkir.

R (Reverse)

Berfungsi untuk membuat mobil matic Anda berjalan mundur.

N (Netral)

Berfungsi untuk membuat hubungan roda dengan mesin dalam keadaan bebas.

D (Drive)

Berfungsi untuk membuat mobil matic Anda berjalan maju pada kondisi jalan yang normal.
2 (Second)

Berfungsi untuk membuat posisi transmisi mobil matic Anda berada pada maksimal gigi 2.
1 atau L (Low)

Berfungsi untuk membuat posisi transmisi mobil matic Anda ada pada posisi gigi 1.
2. Bebaskan Kaki Kiri Pedal
Mobil matik tersedia dua pedal, yaitu pedal gas dan pedal rem. Hal ini sangat penting, khususnya bagi Anda yang sudah terbiasa dengan mobil manual. Latih refleks kaki kiri Anda untuk menghindari kesalahan dalam menginjak pedal.
3. Mengganti Transmisi
Biasakan menginjak rem setiap kali mengganti transmisi agar saat mengganti transmisi, mobil tidak berjalan sendiri. Bila pada mobil manual, Anda dapat mengandalkan pedal kopling, maka pada mobil matic Anda harus menggunakan pedal rem.
4. Melintasi Tanjakan
Jika melintasi jalan yang terdapat tanjakan atau keadaan jalan naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L. Posisi L atau Low adalah posisi dimana transmisi berada pada posisi paling bawah atau gigi pertama pada mobil manual. Posisi L ini akan membantu Anda untuk melakukan overdrive saat mobil membutuhkan akselerasi atau engine break pada kondisi jalan tertentu.
5. Tombol Hold
Hal selanjutnya yang harus Anda pahami adalah fungsi tombol hold. Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D. Pada dasarnya, fungsi hold tidak selalu ada pada setiap mobil matic, namun, fungsi ini sangat penting untuk dipahami. Dengan menggunakan hold, Anda dapat mengunci posisi transmisi pada mobil matic, khususnya saat di posisi D. Fungsi ini juga dapat membantu mobil matic Anda lebih hemat BBM.
Itulah beberapa tips atau cara mengendarai mobil matic dengan benar. Mudah-mudahan dengan beberapa tips sederhana tersebut diatas, Anda dapat merasakan sensasi berkendara yang aman dan nyaman dalam mengemudi mobil matic. Selamat mencoba dan keep driving safely ya!

 

Bagikan informasi tentang 5 Tips atau Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Xpander Bakal Berlayar ke Filipina, Ini Alasannya

Dipublish pada 15 Januari 2020 | Dilihat sebanyak 284 kali | Kategori: Promo & Info

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berencana mengekspor model small MPV terbarunya, Xpander, yang diproduksi di pabrik mereka di Greenland International Industrial Center (GIIC), Bekasi, Jawa Barat, ke Filipina pada Mei 2018 mendatang. Di tahun yang sama, Xpander juga akan dikirim dan diluncurkan ke beberapa negara ASEAN.... selengkapnya

Simak 5 Fakta Mitsubishi Xpander Cross yang Sudah Terkuak

Dipublish pada 14 November 2019 | Dilihat sebanyak 247 kali | Kategori: Promo & Info

Seolah tak puas hanya memiliki lima tipe dan satu versi terbatas, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan meluncurkan satu tipe tambahan untuk Xpander. Sesuai agenda, mobil yang diberi nama Xpander Cross bakal meluncur Selasa (12/11/2019) di salah... selengkapnya

Mengenal Understeer Atau Oversteer dan Peran Stability Control

Dipublish pada 25 November 2019 | Dilihat sebanyak 304 kali | Kategori: Promo & Info

Jika Anda kerap melewati jalanan yang berliku dan licin karena genangan air hujan pasti sesekali Anda pernah mengalami yang namanya oversteer atau understeer. Mungkin bagi Anda yang awam dengan istilah itu hanya berpikir jika mobil mengalami selip sehingga hilang kendali... selengkapnya

Jejak Pengunjung

51513
Hari ini : 34
Kemarin : 37
Bulan ini : 956
Tahun ini : 5184
Total Kunjungan : 51513
Hits Hari ini : 91
Total Hits : 136022
Who's Online : 1

PEMBIYAAN

- BCA Finance
- Dipo Star Finance
- Mandiri Utama Finance
- Mandiri Tunas Finance
- Infi Finance
- Oto Finance
- Niaga Finance
Chat WhatsApp
Call Now